Pages

5 Gambar Sukses Memulai Bisnis Online

Download Now
Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Setiap pelaku perjuangan yang sebagian aktivitasnya ataupun semua acara bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online.

Aktivitas bisnis online ini bisa mencakup kegiatan jual beli online, maupun menyediakan jasa secara online, dan banyak jenis bisnis lainnya yang bisa kita temukan di online di aneka macam bidang industri. Intinya, jikalau Anda mempunyai suatu ilham bisnis maupun produk yang unik, Anda bisa eksklusif memulai menjualnya lewat internet.

Artinya, semua orang bisa saja memulai bisnis online.

Dan kalau saya boleh bilang, sebetulnya ini sama halnya mirip kita melaksanakan transaksi jual beli secara tradisional, namun kantor atau toko Anda berada di online, jadi nantinya kita juga harus tetapkan mau dibikin mirip apa tampilan website bisnis kita ke depannya.

Jenis Bisnis Online
Kegiatan bisnis online ini bisa diwujudkan dalam aneka macam jenis (wujud tampilan di internet). Antara lain berbentuk:

Website
Toko online atau marketplace
Blog
Akun sosial media
Manfaat Dan Tantangan Bisnis Online

Potensi bisnis online memang menggiurkan, namun proses dan tantangan yang harus kita hadapi pun bukan sesuatu yang ringan. Ada banyak hal yang bisa kita pertimbangkan ketika hendak memulai bisnis online atau mengonlinekan bisnis yang sudah ada, terutama jikalau Anda bukan seseorang yang familiar dengan komputer, atau bahkan belum pernah membangun bisnis sebelumnya.

Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya yakni:

Hemat biaya sewa daerah dan karyawan
Produknya fleksibel, bisa banyak macam
Kemudahan saluran lewat internet, kapan saja dan dari mana saja, 24 jam 7 hari seminggu
Meskipun begitu, ada beberapa tantangan yang mau tidak mau harus kita hadapi, antara lain:

Membutuhkan kemampuan teknis mengenai website dan internet
Pengeluaran biaya untuk gadget, perangkat komputer, dan software pendukung
Resiko penipuan online

Pahami Teknologi
Memahami ihwal cara memakai komputer dan beberapa software pendukungnya, serta cara memanfaatkan internet dengan baik dan benar, akan sangat membantu kita dalam menjalankan bisnis online.

Jangan berkecil hati jikalau Anda merasa kurang memahami teknologi, di luaran sana banyak sekali gosip maupun kursus yang bisa kita dapatkan untuk mendukung kita semoga lebih memahami ihwal hal mirip ini.

Yang penting tetap berguru dan tetap berusaha. Nah, kurang lebih itu citra singkat tentang pengertian bisnis online. Jika kurang terang bisa baca dibawah ini.



1. Miliki Mindset Bisnis Yang Benar

Pesan ini mungkin mungkin sudah sering Anda dengar. Tapi ingat, yang hendak Anda lakukan yaitu membangun BISNIS. Sehingga mempunyai mindset bisnis yang benar dan perilaku mental yang positif, yaitu PENTING.

Kita juga harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kita. Jangan hingga ketika kita sudah berhasil membangun perjuangan hingga susah payah, namun alhasil mengorbankan hal-hal lainnya hanya lantaran kesibukan kita mengurus bisnis.

Anda tentunya juga ingin mempunyai waktu bersama keluarga, orang-orang tercinta, atau melaksanakan hal-hal bermanfaat lainnya bukan?
Jika Anda masih bekerja pada bisnis Anda, maka Anda yaitu karyawan pada bisnis Anda sendiri. Tetapi jikalau yang Anda lakukan yaitu bagaimana menciptakan bisnis Anda semakin berkembang, mirip dari 1 menjadi 2, dari 2 menjadi 10, dst, maka Anda yaitu pebisnis.

Dan sama mirip jenis bisnis lainnya, ketika Anda tetapkan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti:

Modal.
Produk yang akan dijual.
Pasar yang akan disasar.
Strategi pemasaran.
Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.
Untuk itu, sebelum memikirkan hal-hal tersebut, benahi dulu mindset Anda.

Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini yaitu hal-hal yang sifatnya non-teknis. Dan sisanya yaitu yang sifatnya teknis.

Anda bisa saja mempunyai keahlian menciptakan suatu web yang canggih, dengan aneka macam fitur dan tampilan yang keren. Atau, bisa saja Anda sangat andal dalam suatu bidang.

Namun jikalau Anda tidak mempunyai visi terhadap kemampuan Anda, tidak mempunyai semangat untuk berguru dan bertahan, ya sama saja, bisnis Anda akan segitu-segitu saja.

Usahakan semoga bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di sekitar Anda, dan juga bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.

Tujuan utama kita dalam berbisnis selain mendapat penghasilan, juga semoga bisa melayani lebih banyak orang dan lebih bermanfaat bagi sesama?

2. Mulai Dengan Jualan

Langkah kedua, yaitu putuskan apa yang mau Anda jual.

Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, Anda harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu.

Ya.. JU-A-LAN, JUALAN…!!!

Pikirkan, kira-kira apa yang mau Anda tawarkan ke orang lain lewat media online.

Resepnya, silahkan catat, ini penting…

Ini yaitu beberapa tips cara menemukan produk yang akan dijual:

Carilah apa yang diperlukan oleh masyarakat, carilah apa yang diperlukan oleh orang-orang di sekitar Anda.
Anda yaitu problem solver, Anda yaitu pemberi solusi dari permasalahan orang-orang.
Tukar manfaat yang bisa Anda berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.
Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.

Saran saya, lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laris dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.

Bukan apa-apa sih, tetapi kalau produk kita yang membutuhkan terlalu sedikit atau pasarnya sempit, biasanya kita akan gampang mengalah lantaran dagangan tidak kunjung laku. *pengalaman pribadi*

Maksud saya, rasanya kegiatan jualan dan bisnis kita akan lebih terasa greget serta menggairahkan jikalau dikit-dikit HP kita berbunyi atau INBOX email kita penuh dengan email pemesanan produk / jasa kita.

Ya atau ya…?

Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.

Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
Contoh produk digital, bisa berupa pulsa, ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, biro tour & travel, biro umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.
Tidak usah terlalu detil, yang penting Anda mempunyai citra besar mengenai rencana Anda dan memahami pola pemasaran online.

Nah, menurut pengalaman saya juga, langkah pertama ini yaitu yang terberat.

Mengapa?

Karena kita harus menyusun konsep usaha, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan mau nggak mau juga harus berguru ilmu bisnis.

Biasanya kendala yang muncul pada fase ini adalah, kadang kita menginginkan segala sesuatu sempurna. Dan bsia ditebak, alhasil malah nggak jalan-jalan.

Kalau saya boleh memberi masukan, untuk tahap awal ini Anda tidak usah terlalu detil dulu. Anda harus rela untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan mungkin uang, UNTUK BELAJAR.

Mulailah dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor (affiliate marketing).

Contohnya: jualan pulsa, jualan tiket pesawat dan kereta api, biro perumahan & properti, biro travel, jual baju / produk fashion dengan konsep konsinyasi, jual ebook orang lain, jual aplikasi software suatu vendor, dll.. dll.. banyak banget.

Sehingga pada tahap awal ini Anda tidak dibebani dengan biaya produksi yang besar dan kerugian pun bisa minimal.

Buat Website Jualan Atau Toko Online

Tahapan ketiga yaitu menciptakan website jualan maupun toko online. Atau bisa juga kita sebut sebagai lapak online.

Nantinya ini kita gunakan sebagai daerah jualan online atau berpromosi di internet.

Kalau kita flashback ke langkah sebelumnya, kita itu kan harus tetapkan produk-jasa apa yang mau kita jual. Bahasa mudahnya, apa yang mau kita tawarkan kepada orang-orang.

Nah, kalau sudah ketemu, selancara jualan online nya adalah:

Pada ketika tahap awal, cobalah jualan lewat pasar online (situs marketplace), situs media sosial, dan aplikasi social chat terlebih dahulu.
Ketika Anda sudah ingin lebih serius, Anda bisa mulai menciptakan website sendiri.
Untuk klarifikasi yang pertama, misalnya yaitu jualan lewat media sebagai berikut:

Pasar online (situs marketplace) – Bukalapak, Tokopedia, OLX, dll.
Situs media umum – Facebook, Twitter, Instagram.
Aplikasi social chat – BBM, LINE, WhatsApp, Telegram.
Mengapa saya menyarankan langkah tersebut?

Karena untuk menciptakan akun di situs-situs tersebut gratis, dan bisa eksklusif kita manfaatkan untuk promosi dan jualan tanpa harus menciptakan sistem website nya, tampilannya, dan lain sebagainya.

Pilih channel yang sekiranya Anda nyaman dan kuasai, syukur-syukur bisa pakai semuanya. Tetapi kalau belum bisa ya saran saya minimal pelajari yang Facebook, Instagram, dan BBM.

Dan khusus untuk yang aplikasi social chat, sesungguhnya itu lebih cocok untuk sarana komunikasi dengan pelanggan maupun prospek. Seperti kalau pas mau transaksi, tanya-tanya detil produk, dan konfirmasi pembayaran.

Tetapi misal mau digunakan untuk promosi pun juga bisa, mirip broadcast pesan massal. Tapi jangan terus-terusan ya, sesekali nggak apa-apa lah, untuk menginfokan produk gres ke pelanggan. Soalnya kalau terlalu sering, bisa-bisa malah pelanggan jadi kurang sreg.

Untuk klarifikasi langkah kedua, yakni dengan menciptakan website sendiri, tujuannya nanti website ini akan kita jadikan sebagai lapak online atau workshop RESMI kita di dunia maya.

Keuntungannya, kalau kita sudah mempunyai website sendiri, ke depannya bisa kita jadikan sebagai PUSAT daerah referensi ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

Jadi kalau kita pasang status di situs social media, forum, dll, kan jadi lebih keren kalau di kepingan bawah status tersebut kita kasih link menuju situs kita.

Hehe, betul??

Situs marketplace, social media, dan lembaga online, bisa diibaratkan mirip Mall / Pasar di dunia online. Sedangkan website, bisa diibaratkan Kantor / Toko kita di dunia online.

Kadang ini juga bisa dijadikan parameter apakah seseorang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak. Dengan mempunyai website, biasanya orang lain akan menjadi lebih mantab ketika hendak bertransaksi dengan kita.

Dalam proses pembuatan website, Anda akan lebih banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, mirip berguru menginstal aplikasi website, dan mungkin sedikit berguru bahasa pemrograman web.

Tidak perlu khawatir, jangan buru-buru bilang “saya gaptek”, “nggak ngerti teknologi”, “saya bukan anak kuliahan”, dan kata-kata sejenis lainnya.

Karena website yang akan kita buat yaitu jenis website yang praktis, nggak pakai ribet. Istilah kerennya, tinggal “plug and play”… pasang kemudian pakai…

Lagipula, disinilah tantangannya dalam berbisnis online.

Apabila Anda masih bingung, jangan khawatir, silahkan baca kumpulan tips cara menciptakan website di blog ini.

Selanjutnya, kita akan membutuhkan nama domain dan hosting untuk menciptakan website.

Lalu apa itu domain? Dan apa itu hosting?

Domain yaitu nama website Anda, contoh: www.usahasaya.com.
Hosting yaitu daerah untuk menaruh nama domain Anda dan file-file pembentuk website.
Ibarat bangunan toko, nama domain yaitu alamat toko Anda. Kaprikornus usahakan ketika Anda tetapkan untuk menciptakan nama domain, sesuaikan dengan nama Anda, atau topik website Anda, ataupun jenis perjuangan Anda.

Dan untuk hosting, jikalau memakai analogi bangunan toko di atas, hosting itu menyerupai tanah. Semakin besar kapasitas hosting, maka akan semakin luas pula ukuran tanah toko Anda.

Jadi harus diingat, domain dan hosting merupakan satu kesatuan, dan tidak bisa dipisahkan untuk membangun sebuah website.

Tentang bagaimana cara menciptakan website nya, bisa dengan metode website gratisan dan website berbayar.

Seperti apa? Akan saya bahas singkat disini.

1). Website Berbayar

Cara ini mengharuskan kita memakai domain dan hosting sendiri. Artinya, kita harus mencari nama domain untuk alamat website kita, dan kemudian menyewa hosting untuk digabungkan dengan domain tersebut.

Kalau saya boleh jujur, cara ini yaitu paling saya rekomendasikan. Keuntungannya banyak, dan salah satunya yaitu dengan mempunyai alamat domain sendiri, perjuangan online kita akan terasa lebih profesional di mata konsumen dan lebih dipercaya.

Nantinya kita bisa mempunyai alamat website mirip pola sebagai berikut:

www.anekahp.com
www.semarangarea.com
Untuk tahap permulaan, Anda mungkin tidak memerlukan kapasitas hosting yang terlalu besar.

Anda bisa menyiapkan uang 150 ribu untuk sewa hosting, dan 100 ribu untuk membeli nama domain (total biasanya kisaran 250 – 350 ribu).

Namun ingat, nama domain hanya berlaku untuk setahun, jadi tahun depan jikalau Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus melaksanakan perpanjangan. Begitu juga untuk hosting.


2). Website Gratisan

Mungkin bagi kita yang benar-benar gres saja memulai, akan berkata…

Duh, memakai domain dan hosting sendiri memerlukan biaya, dan saya masih ragu untuk menggunakannya…

Ehm… tenang…

Kabar baiknya Anda masih bisa menciptakan website secara gratis. Baca artikel ini:

Cara menciptakan website dengan blog gratisan
Sepengetahuan saya, ada beberapa penyedia blog gratisan yang sudah cukup terkenal, diantaranya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, dan masih banyak lagi.

Namun jikalau saya boleh menyarankan, pakailah WordPress atau Blogspot. Karena kedua penyedia blog tersebut sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet di dunia, dan juga lebih gampang dikenal oleh mesin pencari mirip Google, Yahoo, dan Bing.

Contoh alamat website yang memakai kemudahan website gratisan, pola struktur penamaannya kurang lebih mirip ini:

WordPress = http://bisnissaya.wordpress.com
Blogspot = http://bisnissaya.blogspot.com
Tumblr = http://bisnissaya.tumblr.com
Anda bisa lihat, ada embel-embel nama penyedia kemudahan website gratisan tersebut.

Meskipun memakai website gratisan kadang dianggap kurang profesional, tetapi cara ini masih cukup tidak mengecewakan untuk tahap awal.

Nantinya ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan, dan mulai ada pemasukan, Anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade memakai domain dan hosting berbayar.

Tips Membuat Website (Simple Is The Best)

Ini yaitu pola website yang sudah terbukti mendatangkan penjualan berkali-kali. Silahkan lihat postingan ini:

Website toko online sederhana memakai WordPress
Mungkin ada beberapa dari Anda yang merasa masih kesulitan untuk menciptakan website, ataupun belum ada waktu untuk berguru menciptakan website sendiri.

Solusinya, jikalau Anda masih tetap ingin menciptakan website bisnis yang profesional dan mungkin juga dengan nama domain sendiri, Anda bisa meng-outsource-kan ke penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersedia di internet. Atau bisa saja minta tolong dibuatkan teman Anda yang sudah biasa menciptakan web.

4. Promosi Online

Setelah website jadi, Anda bisa mengisinya dengan gosip produk / jasa yang Anda miliki. Isilah website dengan konten yang meyakinkan.

Jangan asal copy paste.

Gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda tampilkan di website, lantaran ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.

Untuk bahan konten web-nya, tampilkan yang simpel-simpel saja dulu, dan sebisa mungkin memuat gosip sebagai berikut:

Profil usaha.
Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya.
Alamat perjuangan lengkap dengan cara menghubungi Anda.
Cara pemesanan dan form order nya.
Promosikan…

Ya, kalau konten website sudah ada, apalagi selanjutnya kalau bukan mempromosikan website bisnis Anda. Tujuannya yaitu untuk mendapat kunjungan / trafik ke website kita.

Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan situs social media mirip Facebook, Twitter, Instagram, dan situs social media lain yang Anda paham.

Setahu saya, ini yaitu cara tercepat untuk menyebarluaskan gosip bisnis Anda. Apalagi jikalau Anda mempunyai jumlah teman / follower yang sudah cukup banyak, itu akan sangat membantu.

Kemudian, Anda juga bisa mulai memajang produk maupun jasa Anda di situs-situs direktori bisnis, situs lembaga mirip Kaskus, dan situs-situs marketplace mirip Bukalapak – Tokopedia – OLX, dll.

Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih “advance”, yakni melalui mesin pencari mirip Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO.

Ini memang lebih teknis, lantaran kita harus memahami cara meningkatkan secara optimal situs semoga bisa menduduki halaman pertama dalam suatu mesin pencari, dengan kata kunci tertentu. Namun justru dengan memahami pola SEO ini, mindset bisnis dan pemasaran online kita akan lebih tajam.

Ohya, mirip yang tadi saya singgung di “Langkah Ketiga – Membuat Website”. Website yang kita buat tadi akan kita jadikan sebagai sentra referensi dari promosi online yang kita lakukan.

Maksudnya, sesudah orang-orang mendapat gosip ihwal produk / jasa Anda dari situs social media, direktori bisnis, forum, marketplace, maupun Google dan mesin pencari lainnya, tentunya mereka ingin tau siapa sih yang jualan produk / jasa tersebut. Dan pada alhasil mereka akan mengunjungi situs Anda untuk mendapat info lebih dalam ihwal siapa Anda dan apa saja produk Anda.

Ini momentum!

Jangan hingga kita kehilangan prospek lantaran kita tidak punya “kantor online” disebabkan oleh kurang percayanya calon konsumen terhadap presensi online kita.

Apa itu?

Ya, website yang gres saja kita buat…

Jadi benar-benar manfaatkan momentum ini untuk menunjukkan respon yang meyakinkan.

Selanjutnya, berdiri relasi dengan para pengunjung, beri gosip yang mereka butuhkan.

Mungkin mereka tidak eksklusif beli produk Anda, namun ketika mereka mendapat gosip yang dibutuhkan, maka kepercayaan mereka akan tumbuh, sehingga kemungkinan mereka membeli produk pada Anda akan semakin besar.

Target utama dari pemanfaatan website kita, yaitu terjadinya kontak pertama dengan calon konsumen.

5. Cari Mentor & Komunitas Yang Positif

Bagi Anda yang mau berguru bisnis online dengan lebih serius, saya sarankan untuk mencari mentor. Dialah yang akan membimbing Anda dalam masa-masa awal membangun bisnis.

Anda bisa berguru dari pengalaman suksesnya, serta jatuh bangunnya dari proses yang mereka alami.

Dengan adanya mentor, Anda bisa mempercepat proses trial and error yang Anda butuhkan selama berproses menuju puncak.

Gabung juga dengan komunitas bisnis dan miliki lingkungan yang positif. Ini akan mendukung proses berguru Anda semoga lebih aman dan terarah.

Semakin sering Anda bertemu dengan orang-orang yang satu vibrasi dan satu visi, Anda akan menemukan aneka macam peluang dan pemberian untuk saling support, membuatkan semangat, dan ilmu. Itu yaitu aset penting yang perlu Anda miliki untuk melangkah maju.

Tentunya, miliki juga niatan untuk membantu yang lain, jangan hanya kepentingan diri kita saja yang diurusi.

Hidup itu GIVE AND TAKE, artinya kita GIVE dulu, gres TAKE. Berikan dulu apa yang kita punya, barulah kita dapatkan nasihat dari apa yang kita berikan.

Penutup
Inti sesuatu yang diawali oleh doa, niat dan percaya maka apapun itu niscaya akan menuju kesuksesan
Download Now

0 komentar :

Posting Komentar

blog search directory My Ping in TotalPing.com W3 Directory - the World Wide Web Directory

Blog Archive

© Copyright 2013. Sdp Game And Software Download. All Rights Reserved. Designed by: LBT (Lovely Blogging Tricks)